cara kerja gerbang logika

Bagaimana Cara Kerja Gerbang Logika? Simak Penjelasannya!

Cara kerja gerbang logika tak terlepas dari jenis dan juga fungsinya dalam sebuah rangkaian elektronika. Karena secara lebih sederhana, fungsi dari logic gate yaitu merubah satu atau beberapa sinyal masukan (input) menjadi output (sinyal keluaran).

Sehingga, untuk mengetahui tentang cara mengubahnya, maka dapat diketahui dengan berdasarkan jenis-jenis dari logic gate sendiri.

Cara Kerja Gerbang Logika

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja atau cara mengubah dari input menjadi output, dapat diperhatikan mulai dari jenis-jenisnya. Logic gate ini memiliki 7 jenis dasar yang membentuk sistem elektronika.

Jenis Logic Gate dan Cara Kerjanya

Dari setiap masing-masing logic gate, mempunyai tabel kebenaran yang berbeda. Yang kemudian, fungsi tersebut sebagai panduan dalam menentukan sinyal output sebuah rangkaian logic gate.

Sehingga dapat diartikan jika sebagai cara mengetahui bagaimana sebuah gerbang logika mampu bekerja, maka harus memperhatikan tabel kebenaran dari masing-masing gate.

Gerbang AND

Gerbang ini juga sering disebut dengan AND GATE, yakni jenis logic gate yang mempunyai dua input serta satu output. Gerbang AND akan menghasilkan output logika 1 jika semua variabel masukan mempunyai nilai logika 1. Sebaliknya, jika gerbang AND akan menghasilkan logika output 0, bila salah satu inputnya adalah logika 0.

Gerbang OR

OR gate ini merupakan jenis gerbang yang mempunyai dua input dan juga satu output. Walaupun pengertiannya sama, namun gerbang OR ini mempunyai perbedaan pada simbol dan juga tabel kebenarannya.

Cara kerjanya yaitu gerbang ini akan menghasilkan output logika 0 jika semua variable bernilai 0 dan sebaliknya. Jika gerbang ini akan menghasilkan keluaran logika 1 bila salah satu input bernilai logika 1.

Gerbang NOT

NOT gate ini merupakan jenis gerbang logika yang memiliki satu input dan satu output. Gate ini juga disebut dengan gerbang pembalik karena menghasilkan nilai dari output yang berlawanan dengan nilai pada inputnya.

Cara bekerja yakni dengan gerbang NOT akan menghasilkan keluaran logika 1 jika inputnya bernilai logika 0. Lalu jika gerbang NOT menghasilkan output logika 0, bila input bernilai logika 1.

READ  Pelatihan PLC Untuk Masa Depan

Gerbang NAND

NAND gate ini adalah jenis logic gate kombinasi yang mempunyai dua input dan satu output. Gerbang ini adalah perkembangan dari gerbang AND serta gerbang NOT (NAND=Not And). Cara kerjanya yaitu gerbang NAND menghasilkan output logika 0 jika semua inputnya bernilai logika 1.

Sedangkan NAND gate menghasilkan output logika 1 jika salah satu input atau semuanya bernilai logika 0. Secara singkat, cukup diingat tentang gerbang AND. Sebab, keluaran dari logic gate NAND adalah kebalikan dari keluaran (output) gerbang AND.

Gerbang NOR

Cara kerja gerbang NOR ini yakni gerbang NOR akan menghasilkan keluaran logika 1 jika semua input mempunyai nilai logika 0. Sedangkan, gerbang NOR menghasilkan keluaran logika 0 jika salah satu atau semua input mempunyai logika 1.

Sama halnya dengan gerbang AND, output gerbang NOR adalah kebalikan output dari gerbang OR. Sehingga, cara kerja gerbang logika ini cukup mengingat gerbang OR saja kemudian membaliknya.