cara bikin sambal bawang

Cara Bikin Sambal Bawang, Cocok untuk Pendamping Makanan!

Cara bikin sambal bawang tidaklah sulit, sambal sendiri menjadi pelengkap makanan yang sangat diminati di Indonesia. Karena sambal bawang akan menambah kenikmatan cita rasa makanan.

Seperti salah satunya ketika kita memakan ayam, ditambah dengan sambal maka kenikmatannya akan berbeda dibanding tanpa sambal. Meskipun ya, tidak semua orang suka sambal karena rasanya yang pedas.
Namun tetap saja mayoritas orang menyukai sambal sebagai pelengkap makanan, ya sambal memang pedas namun memakan ayam tanpa sambal mungkin akan menjadi suatu hal yang kurang lengkap dan kurang enak.
Nah mungkin kamu bertanya bagaiamana sih cara membuat sambal bawang itu? Caranya sangatlah mudah, simak resep berikut ini

Bahan cara bikin sambal bawang

  • 6 bawang merah (kupas dengan mesin pengupas bawang ataupun manual)
  • 1 sendok teh garam
  • Minya
  • 20 cabai rawit
  • 3 bawang putih
  • 1 sendok teh gula
  • Terasi

Langkah cara bikin sambal bawang

  1. Bakarlah terasi
  2. Ulek bawang putih, cabai rawit, terasi
  3. Panaskan minyak, lalu tumis sambal
  4. Tambahkan garan, irisan bawang merah, gula
  5. Masak hingga layu
  6. Sambal bawang siap disajikan
Gimana mudah bukan cara membuat sambal bawang? Tentu saja kamu sendiri pun dapat membuatnya dirumah tanpa perlua alat yang mahal atau cara yang sulit.
Dengan alat yang sederhana dan caraa sedernahapun kita bisa membuatnya. Sambal memanglah akan membangkitkan selera makan beberpa orang
Jika kamu pencinta sambal pasti kamu kamu akan suka dengan pembahasan berikut karena berikut ini manfaat dari sambal

1. Mengandung Vitamin A dan Vitamin C

Jenis dari sambal sangatlah banyak, namun semua sambal pasti menggunakan cabai, nah cabai itu sendiri mengandung vitamin c yang baik untuk menjaga daya tahab tubuh manusia serta ditambah vitamin A yang baik untuk beberapa organ seperti mata.

2. Menurunkan berat badan

Manfaat selanjutnya yaitu sambal dapat menurutkan berat badan loh. Sebuah penelitian berhasil mengungkapkan bahwa sambal sendiri dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh, sehingga akan sangat efektif untuk menurunkan berat badan manusia

3. Mencegah kanker

Masa sih? Ya sambal dapat mencegah dari penyakit kanker karena sel capsaicin yang terkandung dalam sambal ternyata sangat efektif untuk membasmi bahkan membunuh sel kanker.
Selain itu kandungan antioksidan yang terkandung dalam sambal terbyata juga berperan penting dalan membasmi sel kanker yang ada pada tubuh manusia

4. Menstabilkan kadar gula darah

Menurut sebuah penelitian mengkonsumsi sambal akan memberikan manfaat juga bagi penderita diabetes karena sambal dapat mengontrol insulin sehingga akan menjaga dan menstabilkan kadar gula yang ada didalam tubuh

5. Mengatasi Anemia

Ya, mandaat dari sambal sangat hebat bukan? Ya cabai yang ada pada sambal mengandung zat besi yang memadai sehingga akan membantu mengatasi anemia atau kurang dara.
Selain itu juga cabai mengandung banyak asam folat sehingga dapat membantu menproduksi sel darah merah sehingga nantinya dapat membantu mengurangi resiko dari kurang darah itu sendiri.
Gimana? Selain nikmat dan enak ternyata sambal juga menyimpan banyak manfaat kan? Ya! Hal ini menjadi kabar baik untuk Anda pencinta sambal.
Meskipun banyak manfaat kita juga tidak boleh makan sambal terlalu banyak ya. karena pasti akan ada efeksamping dark manfaat itu sendiri jika kita memakannya secara berlebihan.
Ya memang benar saja, segala sesuatu tidak akan baik bula dilakukan secara berlebihan, apa pun itu. Sekian dari saya semoga artikel cara membuat sambal bawang ini bermanfaat, sehat selalu!
READ  Alasan Beton Banyak Digunakan Dalam Konstruksi Bangunan