Cara Kerja Mesin Pemotong Rumput

Cara Kerja Mesin Pemotong Rumput

Alat ini berfungsi sebagai mesin pemotong rumput, mesin untuk memotong rumput yang sering digunakan adalah mesin dengan jenis gendong. Motor penggerak mesin pemotong jenis ini terbagi menjadi dua macam yaitu mesin bensin dengan 2 tak dan mesin bensin 4 tak. Mesin ini bekerja dipengaruhi dengan komponenya. Berikut ini adalah cara kerja mesin pemotong rumput.

Cara kerja mesin pemotong rumput

1. Mesin Penggerak

Mesin penggerak ini terbagi menjadi dua macam yaitu mesin bensin dengan 2 tak dan mesin bensin 4 tak. Meski mesin penggerak ini terbagi menjadi dua namun fungsi dan kegunaanya sama, yaitu sebagai fungsi utama penggerak mesin. Dan putaran yang dihasilkan oleh mesin penggerak tersebut nantinya akan ditransmisikan dan akhirnya mesin menyala hingga mata pisau bergerak

2. Kampas kopling

Kampas kopling ini adalah komponen yang berfungsi sebagai mentransmisikan putaran mesin penggerak ke flexible shaft. Komponen ini bekerja dengan cara membuka dan menutup yang sesuai dengan putaran mesin. Pada putaran lambat komponen ini akan menutup sehingga putaran mesin ini tidak ditransmisikan, dan sebaliknya bila mesin berputar dengan cepat komponen ini akan membuka dan menyentuh rumah kampas.

3. Flexible Shaft

Tugas dari flexible shaft ini yaitu meneruskan putaran mesin dari rumah kampas menuju pada dudukan mata pisau. Ini adalah komponen mesin yaitu batang es  lentur yang dapat menposisikan pada lengkungan tertentu. Itulah mengapa mata pisau dapat memutar pada meskipun gagang mesin pemotong rumput terus bergerak.

4. Gaer box

Gaer box ini adalah dudukan mata pisau pada komponen ini yang berfungsi sebagai pengubah putaran secara horizontal. komponen yang berfungsi sebagai dudukan mata pisau , dimana pada ujung komponen ini terdapat penjepit yang digunakan untuk memasang pisau pemotong rumput.

5. Mata pisau

Ini adalah komponen yang pada umumnya mata pisau mesin potong rumput ini memiliki tiga buah jenis, yaitu mata pisau senar, mata pisau pelat baja dan mata pisau berbentuk lngkaran. Meskipun mata pisau ini memiliki jenis yang berbeda beda tentunya memiliki kelebihan yang berbeda beda namun tentu saja memiliki fungsi yang sama sebagai peotong rumput.

READ  Cara Menanam Padi Dengan Baik dan Benar

Mesin pemotong rumput gendong ini digunakan dengan cara digendong pada pundak. Mesin ini juga memiliki cara kerja yang ketika mesin potong rumput dihidupkan, mata putaran mesin lambat komponen akan menutup sehingga putaran mesin ini tidak ditransmisikan terendah dan dalam keadaan ini kampas kopling berputar tanpa membuka, sehingga mata pisau belum berputar.

Jika anda menarin tuas gas, maka putaran pada mesin akan meningkat sehingga kopling kampas perlahan akan membuka dan menyentuh rumah kampas. dan mengakibatkan rumah kampas akan berputar mengikuti kampas kopling.

Rumah kampas berputar akan memutar batang es, kemudian putaran tersebut akan sampai pada dudukan mata pisau. Di dalam dudukan tersebut putaran akan di ubah tegak lurus hingga memutar mata pisau.

Demikian cara  kerja mesin pemotong rumput