Google Play Music Tutup Selamanya

Google Play Music Tutup Selamanya

Google terkenal karena meluncurkan layanan baru ketika yang lama tidak terkenal dan gagal. Saat ini didunia musik Google memiliki dua layanan streaming musik yang bersaing dengan Spotify. Google Play Music yang lebih lama ada dan Youtube Music yang lebih baru.

Google terus-menerus mengumumkan bahwa Youtube Music cepat atau lambat akan menggantikan Play Music, dan mereka yang berlangganan Play Music juga memiliki akses ke varian pembayaran musik Youtube mulai hari pertama tanpa biaya tambahan. Tetapi karena Play Music selalu memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki Youtube Music, layanannya terus berdampingan selama beberapa tahun.

Namun, segera potongan puzzle terakhir sudah ada, dan Google telah mengumumkan dilansir Teknologi Saya bahwa Play Music akan ditutup sebelum akhir tahun.

Fitur transfer pada Play Music

Salah satu fitur yang membuat Play Music menarik adalah kemampuan untuk mengunggah musik Anda sendiri di layanan cloud, sesuatu yang tidak dimiliki layanan streaming lainnya. Fitur itu sekarang juga akan dimiliki oleh Youtube Music, dan Google sekarang telah menciptakan alat untuk mentransfer daftar putar Anda dan mengunggah musik dari Play Music ke Youtube Music.

Jika Anda adalah pelanggan Play Music dan membuka aplikasi Youtube Music di ponsel Anda atau membuka Youtube Music di browser Anda, Anda akan melihat kotak di mana Anda akan ditawari untuk memindahkan musik dari Play Music ke Youtube Music. Fitur ini juga tersedia di pengaturan bagian bawah. Transfer musik dapat berlangsung beberapa hari tergantung pada berapa banyak musik yang Anda simpan di cloud, tidak perlu takut, karena hail itu terjadi di latar belakang sehingga Anda tidak perlu terhubung ke layanan saat transfer sedang berlangsung.

Notifikasi diluncurkan secara bertahap dan Anda tidak akan menemukan fitur seperti itu bukan karena error, hanya saja layanan ini belum sampai ke akun Anda.

Pada saat yang sama, Google meningkatkan jumlah lagu maksimum yang dapat Anda unggah ke Musik Youtube dari 50.000 menjadi 100.000 lagu, dan panjang maksimum untuk daftar putar diperpanjang dari 1.000 menjadi 5.000 lagu.

READ  Mengetahui Apa Itu Gerbang Logika dan Jenis-Jenisnya

Pengalaman Youtube Music

Youtube Music adalah layanan baru dari Google untuk bersaing dengan Spotify dan Apple Music. Tentu saja, Google sudah memiliki satu layanan seperti itu yaitu Google Play Music. Mereka yang berlangganan Play Music secara otomatis akan menjadi pelanggan Musik Youtube juga, dan pada akhirnya Google Play Music dihentikan.

Sebelum mengumumkan Play Music akan dihentikan Google telah berjanji bahwa fitur unik untuk dapat mengunggah musik Anda sendiri ke perpustakaan musik di Play Music akan tersedia untuk Youtube Music sekarang sudah tersedia untuk dilakukan.

Youtube Music tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar. Versi gratisnya memungkinkan Anda mendengarkan musik dalam jumlah tak terbatas di ponsel tanpa menggabungkan lagu, tetapi Anda mendapat jeda iklan dan tidak dapat mengunduh musik untuk mendengarkan offline. Versi berbayar biaya 49 ribu per bulan dan Anda akan diberi akses musik yang lengkap, mendengarkan secara offline dan mendengarkan musik di latar belakang.