Indoxxi, Waspada Nonton Film di Situs Bajakan

Indoxxi, Waspada Nonton Film di Situs Bajakan

Menggunakan situs streaming film bajakan seperti Indoxxi dapat banyak menyimpan resiko yang cukup besar seperti dalam hal keamanan siber. Situs – situs film bajakan ini dapat berpotensi membawa malware ke perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses situs tersebut.

Risiko infeksi malware ini memang muncul dari situs -situs seperti itu. Dan hal ini bukanlah hal yang baru. Karena bagi yang membuat malware ini sudah menggunakan teknik ini sejak lama. Hadirnya malware dikenang di berbagai situs streaming illegal yang sebelumnya sudah terlebih dahulu ada.

Indoxxi, Waspada Nonton Film di Situs Bajakan
Indoxxi, Waspada Nonton Film di Situs Bajakan

Situs streaming film illegal seperti Indoxxi ini dapat menyebarkan banyak malware. Bukan hanya itu banyak diantaranya seperti penyakit dengan cara melalui pop-up iklan yang muncul di situs tersebut. Pop-up tersebut memaksa pengguna untuk mengklik nya dan menutup iklannya. Hal ini terjadi disaat kita ingin memulai video tersebut atau pun saat sedang ingin mengunduh video tersebut. Sehingga telah mengklik poop-up tersebut kita baru bisa mengakses video tersebut.

Sehingga setelah pengguna mengklik iklan pop-up tersebut, ada berbagai macam penyakit atau malware yang dapat menyusup atau masuk ke perangkat yang dipakai pengguna dalam mengakses situs tersebut.

Ancaman Malware Pada situs Streaming Ilegal

Asosiasi pakar keamanan internet professional juga menyebutkan 97% dari platfrom situs web streaming seperti ini terancam terinfeksi malware. Hal ini juga dinyatakan oleh Federation Against Copyrigth Theft (FACT). Pihak ini menyebutkan bahwa pengguna yang menggunakan situs streaming bajakan seperti Indoxxi akan berisiko 28 kali lebih besar dapat terkenal malware atau penyakit yang dapat menyusup ke computer pengguna dan bisa dengan mudah menginfeksi PC yang ada di kantor.

Lalu juga dapat menciderai HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), namun juga bahaya utama yang mengintai adalah adanya aplikasi – aplikasi yang tidak diinginkan atau Potentially Unwanted Application (PUA).

Aplikasi ini tersembunyi dan ikut terinstal di perangkat pengguna saat pengguna mengakses situs streaming illegal tersebut atau pun juga saat menonton film dan mengunduh dari situs tersebut.

READ  Yuk Bantu Pak Amir Menghitung Kebutuhan Beton

Situs penyedia film bajakan tersebut sudah mengatur sistemnya terlebih dahulu agar PUA ikut terpasang diperangkat pengguna saat mereka mengakses situs tersebut. Sehingga saat pengakses akan mendownload film dari situs illegal tersebut mereka akan secara otomatis atau dipaksa untuk menginstall PUA tersebut.

Jika PUA tersebut bersih dari malware. Namun pengakses tidak dapat langsung menikmati film tersebut. Hal ini dikarenakan masih harus melewati berbagai tahapan lagi untuk bisa menikmati film yang dipilih. Langkah – langkah nya seperti masih harus menginstall beberapa program, file, dll.

PUA yang terinstal itu dapat berjumlah belasan. Dan pengakses film dari situs illegal pun masih harus menghadapi berbagai macam iklan pop-up disitus tersebut seperti iklan – iklan tidak pantas untuk dikonsumsi oleh khalayak umum.