Lokasi dan Harga Tiket Museum Ranggawarsita

Lokasi dan Harga Tiket Museum Ranggawarsita

Lokasi dan Harga Tiket Museum Ranggawarsita – Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan ini tidak hanya untuk pasangan muda mudi yang ingin menjalin cinta saja, namun juga cinta kita kepada bangsa. Jika tak mengenal sejarah bangsa dengan baik, lantas bagaimana kita akan mencintai bangsa ini.

Salah satu tempat untuk belajar sejarah adalah museum. Di museum terdapat berbagai benda peninggalan sejarah dengan nilai tinggi. Bukan nilai rupiahnya semata, namun nilai peristiwa yang tersimpan dalam benda-benda tersebut.

Museum Ranggawarsita di Semarang adalah museum Provinsi Jawa Tengah dengan lebih dari 50.000 koleksi sehingga sangat cocok dikunjungi sebagai wisata edukasi. Lokasi dan harga tiket Museum Ranggawarsita murah dan mudah ditemui. Museum ini berdiri megah di atas lahan seluas lebih dari 2 hektar.

Secara keseluruhan kompleks museum memiliki luas sekitar 8.400 meter persegi yang terbagi beberapa gedung, antara lain Gedung pameran, gedung deposit koleksi, Gedung pertemuan, perpustakaan, perkantoran, laboratorium, dan pendopo. Ada 9 galeri di Museum Ranggawarsita yang dibagi berdasarkan jenis koleksinya, yaitu:

1.Galeri Geologi

Sesuai Namanya, di galeri ini pengunjung bisa menemukan koleksi yang berkaitan dengan alam, seperti lukisan galaksi, pecahan meteorit, formasi batuan Karangsambung, dan awetan binatang. Gunungan Blumbangan juga terdapat di galeri ini, dimana tradisinya dirancang oleh Raden Patah pada abad 15.

2. Galeri Paleontologi

Pengunjung bisa menemukan fosil tumbuhan, binatang, dan manusia purba seperti Pithecanthropus Erectus.

3. Peninggalan Hindu-Budha

Berbagai jejak sejarah Hindu Budha dan replikanya bisa Anda temukan di Gedung B. Beberapa koleksi yang ada yaitu, miniatur candi di Jawa Tengah, replika prasasti dan arca, benda-benda yang terbuat dari perunggu, dan barang rumah tangga.

4. Peninggalan Berbagai Zaman

Jika masih belum puas menengok koleksi dari zaman Hindu-Budha, pengunjung bisa naik ke lantai dua dan menikmati peninggalan dari zaman batu hingga zaman kolonial. Sayangnya benda sejarah pada zaman besi tidak disimpan di museum ini.

5. Galeri perjuangan bersenjata

Pengunjung bisa mengenang jasa para pahlawan dengan melihat diorama perjuangan fisik dan diplomasi yang ada di Museum Ranggawarsita.

6. Galeri teknologi dan kerajinan

Berbagai teknologi sebagai upaya mempermudah manusia untuk mencapai sesuatu, seperti teknologi industri dan  transportasi tersedia di galeri ini.

7. Galeri pembangunan

Ada beberapa ruang dalam galeri ini, antara lain ruang pembangunan dan tradisi nusantara.

8. Galeri Kesenian

Berbagai macam wayang bisa pengunjung kenali pada galeri ini, seperti wayang kidang kencana, wayang kaper, wayang purwa, wayang Ramayana, wayang Potehi, dan wayang Suluh. Selain wayang yang terbuat dari kulit binatang, ada pula wayang yang terbuat dari kayu seperti wayang Dupara dan wayang Golek.

9. Galeri Emas

Model emas jaman dulu bisa pengunjung pelajari di galeri ini. Emas sudah berwujud sebagai perhiasan badan, kepala, dan beberapa benda sebagai perlengkapan upacara.

Sangat menarik bukan koleksi yang tersimpan di Museum Ranggawarsita? Lokasi dan harga tiket Museum Ranggawarsita pun mudah untuk ditemukan karena masih berada di Semarang Kota, tepatnya di Jalan Abdul Rahman Saleh, Kalibanteng Kidul. Silahkan mallardsgroups.com saja untuk praktisnya.

Jarak museum dari Tugu Muda yang menjadi landmark Kota Semarang, hanya 3 kilo meter saja. Selain lokasi, harga tiket yang murah juga menjadi daya tarik. Pengunjung cukup mengeluarkan Rp 2.000 saja dari dompet untuk bisa menikmati koleksi sejarah. Museum dibuka setiap hari mulai pukul 8:00 dan tutup pada pukup 15:00.