Mendapatkan uang melalui YouTube

Cara Mendapatkan Uang Melalui Youtube

Cara mendapatkan uang melalui YouTube memang banyak dicari orang-orang dikarenakan platform ini terbukti menghasilkan uang. Namun anda pasti sering membaca banyak tips yang diberikan namun tidak menjamin kebenaran bahwa YouTube bisa menghasilkan uang.

Seperti yang anda ketahui bahwa YouTube merupakan platform untuk berbagi video. Siapa saja boleh membagikan videonya di channel masing-masing. dan Anda bisa mendapatkan bayaran dari upload video tersebut dengan berbagai syarat dan ketentuan.

Cara Mudah Mendapatkan Uang Di YouTube

Cara mendapatkan uang melalui YouTube yaitu dengan Google AdSense. Terdapat sebuah layanan yang bernama YouTube Partner Program, membuat creator bisa monetisasi kontennya untuk dapat uang. Syaratnya yaitu mempunyai 4000 jam tayang dan minimal 1000 subscriber, lalu bagaimana caranya?

  1. Buat Channel YouTube

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah membuat channel YouTube. Cara membuat channel YouTube Yaitu anda tinggal sign in ke YouTube dengan menggunakan akun Google. Kemudian buatlah channel Anda dengan nama yang menarik dan tema sesuai minat.

Itu Anda harus membuat video yang menarik dan banyak disukai oleh orang-orang. Anda bisa memulainya dengan video yang sedang trending di media sosial. Atau bisa juga tipe video yang tetap ditonton sepanjang masa. Misalnya video tutorial memasak, orang akan terus mencari video tutorial memasak sepanjang waktu.

  1. Optimasi Video

Cara mengambil uang dari YouTube yaitu  setelah anda membuat channel dan upload video, anda bisa melakukan optimasi video YouTube. Optimasi dilakukan agar video lebih menjangkau banyak penonton.

Caranya dengan menayangkan video original. Lalu membuat judul dan tamnel yang menarik sehingga membuat penonton penasaran. Kemudian Anda juga bisa menggunakan teknik SEO.

Jangan lupa Anda harus menghindari konten yang memiliki hak cipta.

  1. Daftarkan Monetisasi

Setelah melakukan optimasi dan channel YouTube anda telah memenuhi ketentuan untuk monetisasi sebaiknya langsung daftarkan.Kemudian  sambungkan youtube channel ke AdSense.

READ  cara membuat blog dengan WordPress

Cara menyambungkan YouTube  ke AdSense yaitu dengan  approve adsense account  yang anda miliki ke YouTube. Nantinya Anda bisa mengecek penghasilan pada fitur YouTube Analytics. Agar mudah dimonetisasi video yang anda buat harus di user friendly.

Nantinya video yang sudah mengaktifkan monetisasi akan muncul beberapa iklan di dalamnya.

  1. Affiliate Marketing

Selain melakukan monetisasi anda bisa mendapatkan uang di YouTube dengan mencoba affiliate marketing. Tentunya affiliate ini bisa anda lakukan jika channel yang dimiliki sudah cukup besar. Anda bisa menautkan pembelian produk digital ke akun youtube.

Tentunya anda sebelumnya harus bekerjasama dulu dengan beberapa e-commerce yang membuka layanan afiliasi. Kemudian tautan tersebut Bisa Anda masukkan pada deskripsi video.

  1. Kerjasama Sponsorship

Selain afiliasi Anda juga bisa melakukan kerjasama sponsorship dengan brand. Tentunya brand ini harus sesuai dengan tema yang channel anda miliki. Dari kerjasama ini anda dan sponsorship sama-sama mendapatkan keuntungan.

Yang pertama adalah anda bisa mendapatkan barang dari konten video. Dan yang kedua sponsorship bisa mendapatkan keuntungan karena barangnya telah dipromosikan di channel anda.  Tentunya karena kerja sama ini anda jadi bisa memiliki video  konten baru.

Anda juga memerlukan skill untuk meyakinkan sponsor agar mau bekerja sama di YouTube channel Anda.

Demikian beberapa cara mendapatkan uang melalui YouTube yang bisa anda lakukan. Prinsip utama  yang harus anda miliki ketika memulai channel YouTube adalah membuat video original dengan kualitas baik. kualitas video biasanya mempengaruhi ketertarikan penonton untuk menjadi pelanggan channel anda.