resep Keripik Pepaya

Resep Keripik Pepaya Renyah Unik Nikmat untuk Cemilan

Resep Keripik Pepaya sangatmudah loh, Halo teman-teman, keripik pepaya mungkin cocok untuk Anda. Namun dalam artikel ini kita akan membahas tentang resep keripik pepaya.

Pepaya adalah tanaman yang berasal dari Meksiko selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Pohon pepaya sekarang tersebar luas dan banyak ditanam di daerah tropis.

Buah pepaya dimasak baik muda maupun matang. Daging pepaya, biasanya dimasak sebagai sayuran, hanya tersedia dengan daging pepaya matang yang bisa dimasak langsung.

Selain daunnya, pepaya digunakan sebagai pelunak sayuran dan daging. Daun pepaya muda digunakan sebagai sayuran segar dan digunakan sebagai pembungkus.

Bunga pepaya juga biasanya dimasak dalam salep. Untuk getah pepaya bisa dijadikan alternatif pelunak daging.

Pohon pepaya tidak bercabang dan hanya memiliki ketinggian sekitar 5-10m dengan daun yang terlihat seperti spiral di batang atas

Jenis Pepaya

Sebelum membahas resep keripik pepaya, mari kita bahas jenis pepaya di dunia

1. Hawaii

Jenis pepaya hawai adalah salah satu jenis pepaya solo. Pepaya solo artinya pepaya yang hanya dikonsumsi oleh satu orang. Karena itu, pepaya memiliki bentuk agak bulat dan hanya sekitar 0,5 KG, tetapi memiliki buah yang cukup tebal dan berwarna kuning.

2. Bangkok

Pepaya Bangkok berasal dari pepaya dari Thailand pada tahun 70-an. Pepaya Bangkok diunggulkan karena ukurannya yang besar dibandingkan dengan jenis pepaya lainnya. Beratnya bisa mencapai 3,5 kg per buah dan oranye kemerahan.

3. Cibinong

Pepaya Cibinong adalah buah yang unik. Karena buah ini berwarna kuning pada warna kulit buah. Berat pepaya cibinong biasanya mencapai 2,5 kg.

Pangkal buah kecil dan kemudian besar di tengah dan runcing di ujung. Sebab warna dagingnya merah kekuningan.

READ  Google Play Music Tutup Selamanya

4. California

Pepaya California adalah jenis pepaya yang sangat laku di pasaran. Pohon pepaya California tumbuh subur di Indonesia tanpa mengetahui musim.

Pohon pepaya California lebih pendek dari pohon pepaya lainnya, yaitu kurang dari 2 m. Untuk daging tebal dan kulit tebal serta berat sekitar 600 kg – 2 kg.

5. Gunung Pepaya

Pepaya jenis ini biasanya ditemukan di Wonosobo dan biasanya disebut carica. Buah mentah berwarna hijau dan kuning matang.

Resep Keripik Pepaya

Ada 2 cara untuk membuat keripik pepaya. Berikut ini adalah cara membuat keripik pepaya.

1. Cara Pertama

Berikut ini adalah resep keripik pepaya dengan mesin penggorengan vakum kecil.

Material

  • 1 pepaya muda memiliki berat 5 kg
  • Minyak goreng kelapa sawit berjumlah 2 liter

Alat dalam membuat resep keripik pepaya

  • Pisau
  • Penggorengan vakum (vacuum frying)
  • Pemisah minyak
  • Alumunium foil

Resep Membuat Keripik Pepaya Muda

  1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengupas kulit buah pepaya. Bersihkan bijinya, lalu transfer menggunakan air mengalir.
  2. Pepaya telah sudah dipesan kemudian dipotong sesuai bentuk sesuai selera.
  3. Pepaya yang sudah disiapkan sesuai selera bisa dimasukkan langsung ke dalam pendingin kulkas (friser). Dinginkan +- 24 jam.
  4. Siapkan mesin penggorengan hampa udara. Kemudian diisi dengan minyak goreng yang disesuaikan dengan kapasitas mesin.
  5. Angkat irisan buah pepaya dari freezer.
  6. Masukkan irisan pepaya ke dalam mesin penggorengan (penggorengan hampa udara). Goreng dengan suhu 85 derajat Celcius.
  7. Anda bisa mengeluarkan pepaya yang sudah dihilangkan dari wajan. Proses terakhir, Anda tinggal taruh di pemisah minyak.
  8. Keripik buah pepaya siap disajikan. Agar tahan lama, simpan di tempat kedap udara seperti plastik yang terbuat dari aluminium foil.

2. Cara kedua Resep Keripik Pepaya

Berikut ini adalah resep pepaya goreng manual. Metode ini biasa dilakukan, karena mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus.

  1. Siapkan buah pepaya yang akan dibuat keripik.
  2. Kupas pepaya, bijih dan irisan setebal 5 mm.
  3. Setelah itu, celupkan irisan pepaya ke dalam air panas (95-98 derajat Celcius) selama 3 menit sambil diaduk perlahan. Untuk 1 kg irisan pepaya menghasilkan 2 liter air panas.
  4. Kemudian keringkan hingga airnya hanya 6-8%. Anda dapat menggunakan pengering kerupuk untuk membuat proses pengeringan lebih cepat
  5. Goreng dalam minyak panas 165 derajat Celcius hingga 13-17 detik. Untuk periode penggorengan pendek, keripik akan membakar minyak, dan seiring waktu akan membakar.
  6. Setelah selesai menggoreng, tiriskan dan kemas dalam wadah agar tetap renyah.
READ  Bagaimana Cara Kerja Gerbang Logika? Simak Penjelasannya!