Resep keripik pisang

Resep Keripik Pisang Manis Gurih Nikmat untuk Cemilan

Resep Keripik Pisang Manis Gurih sangat mudah – Ibu memiliki banyak stok pisang mentah dan bingung harus membuat apa? Diolah menjadi keripik pisang hanya Bun. Tidak buruk untuk camilan keluarga sambil bersantai, dibawa ke kantor untuk camilan sambil bekerja atau bisa juga dijadikan bisnis keripik pisang rumahan yang menguntungkan. Asyiiikkk!

Kisah di balik resep keripik pisang yang saya bagikan hari ini adalah karena kebun pisang di belakang rumah sedang panen. Jadi kemarin ada beberapa jenis pisang yang diambil. Dari pisang ampyang, dan pisang kepok., pisang raja, pisang ambon. Di antara jenis pisang yang saya sebutkan sebelumnya yang kurang enak dalam membuat buah adalah pisang kepok.

Ya, itu benar, menurut saya, jika pisang dibuat menjadi pisang, rasanya seperti tidak stabil. Paling-paling, jika saya sudah memasaknya, itu akan pisang goreng, pisang rebus, kue pisang / pisang spons, penjualan pisang dan pisang penyet. Nah, kebetulan, saat itu saya ingin makan renyah renyah manis dan gurih. Akhirnya, pikiran dibuat hanya gurih keripik pisang asin manis.

Mengapa saya menyebut keripik pisang gurih renyah ini? Karena memang ada rasa manis dari gula, dan enyoy rasa gurih dari garam. Rasanya tepat di lidah, ada rasa manis asin di setiap gigitan, hebat!

Cara membuat keripik pisang gurih tentu saja sangat mudah dan tidak sulit. Paling penting, ada alat utama, yang merupakan alat pengiris serbaguna atau pemotong. Anda bisa mendapatkan pemotong serbaguna atau alat khusus untuk memotong pisang di pasar tradisional atau supermarket di bagian dapur / peralatan rumah tangga. Saya punya pemotong jeruk, tetapi ada yang hijau.

Satu alat berisi banyak bilah pemotong yang memiliki kegunaan berbeda. Bagaimanapun, ini sangat keren jika Anda sudah memiliki alat ini. Hanya merobek-robek di sana, jadi tidak perlu memotongnya lagi. Ingin mengiris bawang parut untuk diparut, ingin mengiris sayuran untuk diparut.

Setelah diskusi panjang tentang alat, jadi sebenarnya keripik pisang yang juga disebut keripik pisang dan keripik pisang (dalam bahasa Jawa) apa ini? Mari kita lihat Wikipedia Indonesia sebentar 🙂

READ  Cara Bikin Sambal Bawang, Cocok untuk Pendamping Makanan!

Jadi keripik pisang merupakan makanan yang berbahan dasar pisang yang diiris secara tipis lalu digoreng memakai tepung. Keripik pisang umumnya memiliki rasa asin dengan aroma bawang putih yang gurih. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Jawa.

Namun karena banyaknya pecinta keripik pisang, kini resep keripik pisang sudah memiliki berbagai rasa. Keripik pisang cokelat yang satu ini dibuat melalui proses oven dan tidak digoreng sehingga bisa bertahan lebih lama renyah.

Selain itu, ada juga resep untuk keripik pisang lainnya seperti keripik pisang asin, keripik pisang karamel manis, keripik pisang keju coklat, keripik pisang mocca, keripik pisang susu, tepung gula / gula icing, keripik pisang pisang dan keripik pisang stroberi. Jadi tidak heran bahwa keripik pisang sekarang memiliki banyak penggemar seperti keripik tempe olahan, keripik singkong, keripik kentang. keripik oncom, keripik usus, dan berbagai jenis keripik lainnya.

Langkah demi Langkah Membuat Resep Keripik Pisang Asin yang gurih

 

Bahan:

 

  • Pisang kepok tua yang kulitnya masih hijau (belum matang) 1 sisir
  • Minyak goreng 2 liter
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam halus
  • 200 mili liter air panas

 

Langkah-langkah untuk Membuat:

 

  1. Pertama-tama pilihlah pisang yang masih keras dan masih memiliki kulit hijau. Kupas kulitnya, lalu masukkan ke dalam air yang telah diberi sedikit garam untuk mencegah pisang membiru dan berubah menjadi hitam dengan cepat.
  2. Sementara itu panaskan minyak goreng.
  3. Menunggu minyak panas, mari kita buat larutan gula. Yaitu dengan melarutkan gula dan garam dalam air panas, lalu aduk hingga rata. Sisihkan.
  4. Ketika minyak panas, cukur pisang dengan alat pemotong serbaguna atau pisau khusus untuk menarik keripik pisang langsung pada minyak panas. Mungkin bulat, mungkin panjang. (Saya membuatnya sebagian, dan sebagian meluas)
  5. Selanjutnya, goreng sampai agak kering, kurangi panasnya lalu tambahkan 1 sendok makan larutan bumbu gula nabati.
  6. Aduk perlahan sampai mengering dan menjadi kuning keemasan (suara menghilang). Angkat dan tiriskan oli.
  7. Dinginkan, lalu masukkan ke toples gelas atau toples besar.
  8. Yuhuuu, keripik pisang manis gurih siap dinikmati.
READ  Kegiatan Akuntansi dalam Keuangan Usaha

Sekedar info berbagai keripik dapat dibuat dengan mesin vacuum frying, bahkan hingga keripik apel dan nangka.