Resep Nasi Goreng Rumahan

bahan-bahan yang musti di siapkan adalah cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, Ebi udang kering ya udang kering sebanyak tiga buah kemudian ayam yang udah di suir suir ,bakso ,daun bawang ,telur ,minyak goreng ini ada lagi bawang putih, garam sama, kaldu bubuk aja ya pastinya kita pakai nasi, kecap . Nah kali ini kita akan mencoba membuat nasi goreng ala abang abang dengan peralatan seadanya karena biasanya abang abang nasi goreng menggunakan kompor bertekanan tinggi dan juga jika kita tanya kepada abanya apa aja bumbunya kok bisa seenak ini pasti abang nya akan menjawab bumbunya biasa aja namun taukah kalian ternyata yang membuat  nasi goreng abang abang  lebih lezat di bandingkan nasi goreng buatan sendiri adalah teknik nya nah sekarang catering jogja akan membagikan bagaimana teknik membuat nasi goreng enak ala abang abang.

 

Sekarang kita langsung praktekin aja yang pertama kita tuang minyak hingga  panas kemudian kita akan goreng cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, ebi dan selanjutnya goreng sampai layu dan matang Kemudian kita ulek sampai halus langsung aja kita tumis lagi jadi kita panasin minyak api sedang langsung bumbu yang kita halusin tadi ditumis ya jadi disini kita baru bikin bumbu intinya  nya aja nih di sini belum bikin nasi goreng nya nanti setelah bumbu intinya jadi ya baru kita akan buat nasi gorengnya.

 

Pastikan bumbu yang kita tumis sampai harum dan warnanya agak kecoklatan sambil terus di balik balik ini warnanya udah kecoklatan dan ini dijamin udah nggak langu lagi kita kan matiin dan kita kan pindahin aja ini bumbu inti nasi goreng ke wadah sambal meniriskan bumbu yang tadi kita tumis supaya dalam nasi goreng nya tidak berminyak

 

. setelah bumbu inti nasi goreng jadi ya Ini harus kita tiriskan biar nggak terlalu berminyak karena nasi goreng yang enak itu cirikhasnya  pertama Dia harum, kedua gurih pastinya dan ketiga nasi gorengnya itu nggak terlalu berminyak dan nasinya tuh tidak lengket lengket alias tercerai berai . ya itulah  cirikhas nasi goreng yang enak sekarang langsung aja kita akan buat. Yang pertama kita akan geprek dulu bawang putih untuk satu porsi 1 bawang putih saja sudah cukup kita geprek sampai dia halus ya habis di geprek kita potong-potong sedikit terus kita pecahin telurnya kemudian kocok.

 

Nah sekarang kita akan mulai menggoreng nasi nya langkah pertama sebelum kita masukin minyak ke dalam wajahnya kita panasin dulu. Tujuannya biar nggak terlalu banyak minyak yang kita gunain nah disini kita bakal mainin api dari kompornya ni supaya rasanya seperti di abang abang penjual nasi goreng Walaupun hanya pakai kompor tekanan biasa kita bisa akalin supaya seakan akan menggunakan kompor bertekanan tinggi dengan tujuan untuk mengurangi minyak dan dapat mengeluarkan aroma yang harum

 

Kemudian kita tuang minyak sedikit ya terus kita ratakan pinggir-pinggirnya kita kasih minyak begini terus minyak ini nggak terlalu banyak kita pakai ya ini kalau bisa kita taruh lagi minyaknya biar nasi goreng nya tidak terlalu berminyak.kita kecilin kompornya terus kita tumis bawang putih yang tadi sudah kita setelah di taruh ke wajan bawang yang tadi di geprek langsung mengeluarkan aroma yang harum, Sebisa mungkin  kita gunakan api  yang agak besar tapi dimainin ya kadang besar kadang kecil tapi jangan sampai gosong juga harus cepat di bolak balik kalo sudah kita masukin telur Biarin bentar supaya nggak terlalu ancur telurnya.

 

Kemudian kita sedikit menggunakan minyak ya tidak perlu kawatir telur menjadi lengket karena wajahnya udah panas oke setelah telur udah kelihatan mateng langsung aja bumbu Kita masukin nasi kita masukin langsung aduk dengan Gerakan yang cepat  kemudian kita juga harus mainin kompor ya pada saat kita aduk aduk kita kecilin dulu apinya  supaya nasinya tidak menggumpal kita ancurin dulu nasi yang menggumpal jangan lupa  gunakan api dalam keadaan kecil pada saat menghancurkan nasi yang menggumpal kalo sudah tidak menggumpal kita aduk aduk sampai tercampur rata setelah kecampur rasa nasinya langsung kasih bumbu bumbu dulu ada ayam, bakso.

 

Kemudian masukan garam dan kaldu bubuk secukupnya atau sesuai selera kita aduk kemudian beri kecap manis langsung kita gedein apinya pada saat menggunakan api besar kita tidak boleh berhenti mengaduk  masukan daun bawang aduk aduk terus kemudian sajikan nah jadilah nasi goreng rumahan ala abang abang yang memilik tekstur tidak berminyak dan nasi yang tidak lengket tambahkan kerupuk dan lalapan .nasi goreng pun siap di santap